'Call them to remembrance': The Welsh rugby internationals who died in the Great War

'Call them to remembrance': The Welsh rugby internationals who died in the Great War

IPS Apa perbedaan antara agama Hindu dan Budha dari segi arsitektur, kebudayaan dan sosial?

Apa perbedaan antara agama Hindu dan Budha dari segi arsitektur, kebudayaan dan sosial?

Perbedaan agama Hindu dan Budha,

  1. Segi arsitektur : Bangunan yang paling sering dijumpai sebagai peninggalan agama Hindu Budha yaitu candi. Antara candi Hindu dan Budha memiliki perbedaan dalam beberapa hal salah satunya yaitu gaya arsitekturnya. Pada bangunan candi Hindu terbagi menjadi 3 bagian yaitu bagian bawah yang disebut dengan Bhuloka, bagian tengah yang disebut dengan Bhurvaloka, dan bagian atas yang disebut dengan Svarloka. Sedangkan bangunan candi Buddha terbagi menjadi 3 namun memiliki sebutan dan makna yang berbeda. Yang pertama yaitu Kamadathu, kedua Rupadhatu, dan yang ketiga yaitu Arupadhatu.
  2. Segi kebudayaan dan sosial : Dalam segi ini Hindu dan Budha menerapkan sistem kasta di kalangan masyarakat namun dengan pandangan yang berbeda dan sistem moralitas yang diterapkan oleh agama Hindu dan Budha di kalangan masyarakat juga berbeda.

Pembahasan :

Agama Hindu merupakan suatu kepercayaan hasil percampuran budaya antara bangsa Aria dan bangsa Dravida. Bangsa Aria merupakan sebuah bangsa yang mempercayai banyak dewa atau dengan istilah lain Polytheisme, sedangkan bangsa Dravida masih menyembah atau memuja roh nenek moyang. Perpaduan inilah yang akhirnya melahirkan agama Hindu.

Agama Budha merupakan suatu agama yang yang berlandaskan pada ajaran Siddharta Gautama. Penyebaran agama Budha dimulai pada abad ke-6 hingga abad ke-4 sebelum masehi. Kitab suci agama Budha yaitu Tripitaka.

Pelajari Lebih Lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang materi agama Hindu Budha pada link dibawah ini

brainly.co.id/tugas/63732

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

[answer.2.content]